INDUSTRI LOGAM‎ > ‎

Industri komponen suku cadang


Bahan dasar mesin motor modern mayoritas terbuat dari almunium, mulai dari piston, silinder head, blok silinder, crankcase, sampai pernak pernik motor seperti gir belakang, pijakan kaki dan lain - lainnya. Tetapi untuk memperkuat logam almunium, perlu adanya campuran atau paduan logam lain sehingga almunium menjadi kuat.

Campuran logam apa saja yang biasa digunakan dalam pembuatan komponen motor :

1. DURALUMIN
Di terangkan dalam wikipedia, Duralumin juga biasa disebut sebagai duraluminum, duraluminium atau dural. Duralumin dikembangkan oleh metalurgi Jerman bernama Alfred Wilm di Dürener Metallwerke Aktien Gesellschaft pada tahun 1903. Sedangkan paduan utamanya adal`h Tembaga, Mangan dan Magnesium. Untuk campuran yang biasa digunakan adalah 4,4% Tembaga, 1,5% Magnesium, 0,6% mangan dan sisanya 93,5% adalah Almunium.

2. SILUMIN
Keterangan masih mengutip di wikipedia, Silumin adalah paduan Almunium dan Silikon. Paduan ini sangat kuat untuk menahan korosi pada logam dan paduan ini terkenal sangat kuat dan tahan gesekan. Untuk persentase perbandingan campuran logam berkisar antara 3-50% silikon dan sisanya Almunium. Persentase ini disesuai dengan kebutuhan dari pembuatan komponen.

3. HIDRONALLIUM
Hidronallium adalah paduan antara Magnesium dan Almunium. Paduan ini merupakan paduan yang paling tahan terhadap serangan korosi dibandingkan dengan paduan almunium yang lain. Untuk perbandingan campuran, biasanya 5% Magnesium dan sisanya Almunium.




Comments